$type=ticker$cols=4

$type=slider$meta=0$snip=0$rm=0

Pendaftaran OPOP 2022, Ingin Juara? Apa yang harus disiapkan?

Pendaftaran OPOP tahun 2022 diprediksi akan dimulai pada bulan Februari-Maret. Ingin Juara? Apa yang harus disiapkan? Baca hingga tuntas!




Pendaftaran OPOP 2022
atau pendaftaran One Pesantren One Product di tahun 2022 ini akan segera dibuka sekitar bulan Februari-Maret. Program unggulan Gubernur Jawa Barat ini mendapatkan antusiasme tersendiri dari kalangan Pondok Pesantren di Jawa Barat. 

Program yang merupakan bagian dari kampanye "Pesantren Juara" ini harus membuat atau mengunggulkan satu produk saja untuk dilombakan hingga tahap provinsi dengan total hadiah dari tahap kecamatan, kab/kota hingga provinsi sekitar Rp635.000.000 (Enam Ratus Tiga Puluh Lima Juta Rupiah) dipotong pajak. Jumlah yang tidak sedikit untuk membangun pesantren yang berdayasaing, mandiri secara ekonomi dan tidak tergantung pada pihak manapun.

Sebagian pesantren tidak mentargetkan menjadi juara OPOP tapi lebih memilih menjalin koneksi link antar pesantren, akademisi, buyer hingga investor. Menurut beberapa pesantren jalinan silaturahmi ini adalah hadiah terbesar dari program OPOP, dari koneksi ini melahirkan kerjasama hingga closing yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Seperti halnya hadits nabi yang mengisyaratkan; 

"Barangsiapa ingin dilapangkan pintu rizqi untuknya dan dipanjangkan umurnya hendaknya ia menyambung tali silaturahmi." (HR. Bukhari) [Shahih No.5986 Versi Fathul Bari]

Begitulah program OPOP menghadirkan berkah tersendiri dalam memfasilitasi guna mewujudkan Sabda Nabi tersebut bagi kalangan Pondok Pesantren.

Namun tentunya ada juga beberapa pesantren yang justru fokus pada perlombaannya, fokus untuk mendapatkan hadiahnya, sehingga ketika gagal mendapatkan kemenangan maka kekecewaan pun didapat. Ketika kekecewaan melanda maka pintu pun terbuka untuk syetan masuk dan membisikan hal-hal yang sesuai dengan hawanafsunya, timbullah suudzon, prasangka-prasangka buruk kepada seluruh pihak yang terlibat, hingga para juri yang dihadirkan oleh panitia dari kalangan independent tidak terikat oleh pemerintahan pun menjadi sasaran kekecewaan.

Menang-Kalah dalam perlombaan adalah hal yang biasa, namun kebesaran hati dalam menerima kekalahan dan mental juara saat mendapat kemenangan merupakan bagian dari akhlakul karimah yang wajib diasah, terutama bagi mereka yang merupakan perwakilan Pondok Pesantren yang tentunya lebih mengerti tentang konsep tabayun, konsep saling menghargai, konsep proses (ikhtiar dan doa). Karena Allah SWT menilai kita dari "prosesnya" bukan melihat hasilnya atau dari menang-kalahnya, seperti firman Allah SWT;

“Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.” [Al Quran surah At-Taubah: 105]

Pendaftaran OPOP 2022, Ingin Juara? Apa yang harus disiapkan?

Guna menjawab pertanyaan ini kita harus melihat dari nama program itu sendiri dan persyaratan yang diminta oleh pihak panitia dan hal lain yang berkaitan. Untuk itu kita akan membedah masing-masing dari awal, sehingga Anda selaku pihak dari Pesantren bisa mempersiapkan diri untuk pendaftaran OPOP 2022 ini.

(1) Pertama, melihat dari nama program "One Pesantren One Product". Dari namanya saja sudah jelas berarti hanya satu produk yang didaftarkan untuk program OPOP ini. Sudah menjadi hal lumrah bahwa pesantren memiliki beberapa bidang usaha yang diunggulkan seperti misalnya Pesantren A memiliki usaha dibidang Pertanian dengan produknya sayur-sayuran, juga memiliki bidang usaha Perikanan dengan produk ikan konsumsi atau ikan lainnya, Toko Swalayan dengan produk perdagangan, Jasa dengan produk layanan, Produk Makanan Olahan, Produk Minuman, dan lain sebagainya.

Nah pilihlah SATU produk untuk didaftarkan untuk program OPOP ini yang lebih menonjol atau unggul dari produk lainnya dan memiliki inovasi dan kreativitas lebih dari produk lainnya, memiliki pembeda, unik dan mampu menarik pasar dan menjadi solusi dari permasalahan yang ada dimasyarakat sekitar dan lingkungan.

(2) Kedua, pastikan produk tersebut benar-benar lahir dari Pesantren, bukan produk luar (non pesantren) yang diklaim oleh pesantren atau produk hasil kerjasama yang lebih menguntungkan pihak luar. Pastikan hasil penjualan produk tersebut digunakan untuk kepentingan "lembaga" pesantren bukan untuk kepentingan pribadi.

(3) Ketiga, memiliki no NSPP atau Nomor Statistik Pondok Pesantren yang dikeluarkan oleh Kemenag. Jika tidak punya segera membuat dan terpenting jika ingin lolos ke tahap selanjutnya maka harus memperhatikan undang-undang pesantren no. 18 tahun 2019, perhatikan BAB III pasal 5. Silakan download UU Pesantren disini.

(4) Keempat, kita akan membedah dari persyaratan Pondok Pesantren yang diminta oleh panitia baik mulai OPOP awal di tahun 2019 hingga tahun 2021 kemarin, secara umum persyaratanya sebagai berikut:

  • a. Pondok Pesantren/Peserta BELUM PERNAH Mengikuti Kegiatan/Pelatihan OPOP Tahun sebelumnya.
  • b. Lokasi Pesantren Berada di Wilayah Jawa Barat.
  • c. Wajib Memiliki NSPP (Nomor Statistik Pondok Pesantren) dari Kemenag RI.
  • d. Melampirkan IUMK/SKU (Surat Keterangan Usaha) minimal dari Desa/Kel setempat, sesuai kategori usaha: a. Pemula (0-1 tahun)b. Pengembangan (>1 Tahun)
  • e. Melampirkan Logo Pesantren dan photo lingkungan pesantren terbaru (tampak depan-samping, asrama, masjid, kelas)
  • f. Melampirkan Profil Pondok Pesantren
  • g. Melampirkan Profil Usaha Pesantren
  • h. Wajib Mendaftarkan 1 (satu) Orang Perwakilan Pesantren (pimpinan/pengurus/santri/alumni) sebagai peserta OPOP yang memiliki kompetensi  di bidang bisnis Pesantren (Peserta tidak dapat diganti/diwakilkan)
  • i. Wajib memiliki NPWP & No Rekening Bank BJB/BJB Syariah atas nama Yayasan atau Pondok Pesantren (bukan rekening pribadi).
Persyaratan point a, baik Pesantren maupun Perwakilan Pesantren (peserta) belum pernah mengikuti kegiatan OPOP tahun 2019, 2020 dan 2021. Jadi murni ponpes dan peserta yang sama sekali belum pernah mengikuti program OPOP sebelumnya. Jangan mengakali karena sistem akan mendeteksi dan ditambah pemeriksaan manual oleh tim teknis OPOP yang berada di Dinas. Apapun alasannya, misalkan ditahun sebelumnya hanya sampai juara tingkat kecamatan pun tetap tidak bisa mengikuti kembali.

Point b, karena program OPOP Jabar ini diusung oleh pemerintah provinsi jawa barat maka tentunya lokasi pesantren harus berada di wilayah Jawa Barat. Kecuali perwakilan pesertanya boleh dari luar jawa barat, misalnya santri/alumni/asatidz dari luar provinsi yang tengah nyantri/berdedikasi/mengajar di pesantren bersangkutan.

Point c, seperti halnya yang disebutkan pada point ketiga diatas.

Point d, ini penting untuk keberlangsung program ke depannya, jangan sampai salah pilih lama usaha yang dijalankan dan sesuai dengan lama usaha yg benar-benar dijalankan oleh pesantren akan bidang usaha tersebut.

Point e, persiapkan logo pesantren jika belum ada, photo2 pesantren dengan jelas, baik tampak depan, samping, tampak belakang jika bisa, photo masjid, asrama, kelas, persiapkan sebaik-baiknya.

Point f, membuat profil pondok pesantren, seperti halnya Curiculum Vitae (CV) pribadi maka CV pesantren ini pun wajib dibuat, biasanya pihak panitia menyediakan template yang tinggal diisi oleh pesantren.

Point g, selain profil pesantren, profil usaha yang dijalankan pesantren wajib dibuatkan profilnya. Seperti nama produknya, bidang usahanya, struktur organisasi, kapasitas produksi, aset dan omzet, dan hal lainnya yang berhubungan dengan usaha pesantren.

Point h, ini point yang cukup penting juga, pihak pesantren harus benar-benar memilih perwakilan peserta yang akan mengikuti seluruh kegiatan OPOP ini. Pastikan perwakilan peserta ini tidak berganti saat program OPOP berjalan, dan pastikan juga perwakilan peserta ini yang benar-benar cakap akan kegiatan usaha pesantren, mengerti betul seluk-beluk kegiatan usaha pesantren dan mampu berbicara dihadapan umum (ini menyangkut seleksi audisi wawancara)

Point i, untuk pencairan dana hadiah perlombaan maka pihak pesantren wajib memiliki no rekening BJB/BJB Syariah atas nama ponpes atau yayasan yang belum pernah digunakan untuk kegiatan OPOP sebelumnya atau sama dengan no rekening ponpes lain. Dan memiliki no NPWP atas nama pesantren atau yayasan pesantren dan BUKAN NPWP/NO REKENING PRIBADI.

(5) Kelima, kita akan membedah persyaratan perwakilan pesantren;
  • a. Pendidikan Minimal SD/MI/Sederajat.
  • b. Warga Negara Indonesia.
  • c. Usia 17 s.d 55 Tahun
  • d. Melampirkan KTP
  • e. Melampirkan Pasphoto Berwarna ukuran 3x4 3 lembar
  • f. Surat Keterangan Sehat dari Dokter/Puskesmas.
  • g. Melampirkan Surat Kelakukan Baik (SKCK) minimal pengantar dari RT/RW setempat.
Point a, perwakilan peserta yang dikirim oleh pesantren minimal berpendidikan SD sederajat

Point b, perhatikan point b dan h diatas.

Point c, rentang usia harus diperhatikan terhitung dari tahun 2022 ini

Point d, melampirkan tanda pengenal seperti KTP, jika tidak ada maka kartu domisili atau keterangan lainnya yang berhubungan.

Point e, pasphoto terbaru ya, ingat terbaru, bukan pasphoto waktu jaman SD, hehe

Point f, karena saat ini masih masa transisi pandemi covid-19 maka surat keterangan sehat bisa diganti dengan surat swab antigen dengan hasil negatif atau melampirkan sertifikat vaksin ke-1 dan ke-2.

Point g, bagusnya membuat SKCK dari kepolisian karena kepanjangannya sendiri Surat Keterangan Catatan Kepolian atau biasa kita sebut Surat Kelakuan Baik, namun program OPOP ini memudahkan jadi bisa melampirkan surat pengantar pembuatan SKCK dari RT/RW setempat, dengan alasan karena RT/RW setempat lebih mengetahui warganya sendiri.

SEMUA DINILAI

Jika pesantren Anda ingin menjadi juara OPOP tidak hanya tingkat kecamatan melainkan sampai tingkat kab/kota hingga provinsi maka seluruh persyaratan administrasi harus benar-benar dilengkapi. Dan peserta harus mengikuti seluruh kegiatan OPOP dari mulai pendaftaran, audisi 1, pelatihan dan pemagangan, juga pendampingan, karena proses-proses itu semua dinilai dan dijadikan masukan untuk pesantren tersebut layak lolos ke tahap selanjutnya atau tidak.

TAMBAHAN

Pastikan pembukuan keuangan dari usaha pesantren ini berjalan dengan baik, setiap detail pengeluaran dan pemasukan tercatat dengan terperinci harian, bulanan hingga tahunannya. Sehingga ketika diminta atau diperiksa oleh juri atau visitor, catatan keuangan tersebut benar adanya.

Ikuti arahan dari Pendamping OPOP Anda. Seperti pembuatan timeline usaha, pembuatan proses bisnis, keuangan dan akuntansi, pembuatan Business Model Canvas, dan lain sebagainya yang jelas untuk kemajuan usaha pesantren dan bekal dalam mengikuti alur kegiatan OPOP.

Demikianlah pendaftaran OPOP 2022 dan persyaratan-persyaratan serta catatannya jika ingin menjadi juara OPOP, penuhi semua persyaratannya dan fokus pada bidang usaha yang sedang dijalankan, pastikan usaha tersebut benar-benar bermanfaat untuk pesantren, lingkungan serta masyarakat sekitar. Semoga bermanfaat!

(ASH/ash)

COMMENTS

Nama

Artikel,1,Berita,4,Galeri,1,Produk,4,Youtube,6,
ltr
item
OPOPJabar - Informasi & Etalase Produk OPOP Jabar: Pendaftaran OPOP 2022, Ingin Juara? Apa yang harus disiapkan?
Pendaftaran OPOP 2022, Ingin Juara? Apa yang harus disiapkan?
Pendaftaran OPOP tahun 2022 diprediksi akan dimulai pada bulan Februari-Maret. Ingin Juara? Apa yang harus disiapkan? Baca hingga tuntas!
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhpFPooobgqkXFXESqYvy0iDJd37xbj3BqDQHCW72tOnUfeZ50BEVa6DESBtUGpZXcH7d84D-RFAJTBtKfUJiXKezTJu57jkhz10qjnBLfWwxft4QqHBEyKjBpJ4lu_3-fp2OsFSADwC6Bdudm0hh5oHDdULI3X6h1It0VMLhsCuUP9uvjhkfFnFsKxkQ=w640-h452
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhpFPooobgqkXFXESqYvy0iDJd37xbj3BqDQHCW72tOnUfeZ50BEVa6DESBtUGpZXcH7d84D-RFAJTBtKfUJiXKezTJu57jkhz10qjnBLfWwxft4QqHBEyKjBpJ4lu_3-fp2OsFSADwC6Bdudm0hh5oHDdULI3X6h1It0VMLhsCuUP9uvjhkfFnFsKxkQ=s72-w640-c-h452
OPOPJabar - Informasi & Etalase Produk OPOP Jabar
https://www.opopjabar.com/2022/01/pendaftaran-opop-2022-ingin-juara-apa.html
https://www.opopjabar.com/
https://www.opopjabar.com/
https://www.opopjabar.com/2022/01/pendaftaran-opop-2022-ingin-juara-apa.html
true
745060275697586899
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content